#30HariBercerita - Menyetir

March 15, 2018

@30haribercerita#30haribercerita #30HBC18 - Menyetir

Dulu saya tidak bisa menyetir. Sama sekali. Membiarkan orang lain yang melakukannya dan membawa saya ke tempat yang diinginkan atau disepakati, meski tak jarang saya harus pasrah kemana sang pengemudi membawa.

Seringkali tidak sepakat dengan arah yang dituju oleh si pengemudi. Saya tidak suka, tapi saya sendiri tidak bisa menyetir jadi tidak bisa berbuat apa-apa. Sampai detik itu saya tidak memiliki keberanian untuk mulai menyetir.

Lalu datang kesempatan dimana saya bisa belajar menyetir. Dengan kendaraan milik seorang teman, saya nekat menyetir meski sebelumnya belum pernah sama sekali duduk di kursi pengemudi. Dan akhirnya saya bisa melakukannya. Saya bisa menyetir. Meski tentu belum semulus mereka yang sudah pandai dan ahli.

Di kesempatan berikutnya, saya kemudian memiliki kendaraan saya sendiri. Lalu semakin lama kemampuan saya dalam menyetir semakin meningkat. Dan kini, saya tidak lagi membiarkan orang lain membawa saya.

Saya yang membawa mereka. Saya lah sang pengemudi.

Mungkin cara saya menyetir kadang kurang pas di hati beberapa orang yang saya bawa. Mungkin mereka yang duduk di kursi penumpang merasakan ketidaknyamanan yang dulu saya rasakan.

Tidak masalah. Boleh jadi karena itu mereka akan tergerak untuk belajar menyetir.

Dan tidak membiarkan siapapun membawa mereka, melainkan mereka yang membawa diri mereka sendiri.

Pertanyaannya, menyetir apa?

You Might Also Like

0 comments