..LULUS.. Terdengar menyenangkankah?

June 07, 2011

Pernah ngerasa nggak sih bener bener nyaman sama keadaan lo yang sekarang.. Dikelilingin temen temen yang care sama lo, nggak perlu mikirin macem macem yang menyeramkan, misalnya aja UJIAN atau SKRIPSI..
Pas lagi nulis postingan ini, gue lagi rebahan di kasur abis baca entrinya Kak Alit (http://www.shitlicious.com/) yang katanya kuliah nggak lulus lulus..
Pertama-tama gue turut berduka cita deh atas skripsinya yang ga selesai selesai (atau emang ga pernah dikerjain?)
Tapi terlepas dari masalah gagal-terus-jadi-sarjana, gue merasa kata-katanya Kak Alit ada benernya juga.. Gue bukan asal ngomong walopun gue juga sebenernya belom ngerasain LULUS SMA.. Tapi coba deh kita pikir pake akal sehat, masa SMA itu emang sayang banget untuk kita lupain..
Menurut gue, bodoh banget deh orang yang mau capek capek ikut program akselerasi cuma untuk memperpendek masa sekolah yang harusnya tiga tahun jadi dua tahun.. Soalnya, tiga tahun aja gue terkadang masih ngerasa kurang (banget)..
Gue juga terkadang dilema sendiri liat anak anak SMA yang pada LULUS terus pada coret coret baju saking senengnya.. SENENG?? Yakin apa?
Seneng kalo udah nggak bisa bareng bareng sama sobat SMA lo?
Seneng kalo harus terjebak sama deadline tugas kuliah yang menurut gue bakal bikin kita jadi gapunya waktu hura hura?
Seneng kalo harus jauh dari orang tua lantaran udah dianggep dewasa?
Dan tetep aja nih ya, dilema paling mengenaskan adalah, gue nggak bisa lagi bayar angkot dengan harga murah dengan alasan anak sekolah.. Bayangin aja nih ya, kalo pake seragam misalnya kita cuma bayar seribu per harinya, kalo tanpa seragam jadi dua ribu per hari.. Ruginya aja udah seratus persen..
Kalo seribu kali setahun, berarti total kerugian kita adalah 365.000.. TIGA RATUS ENAM PULU RIBU MEEN!! duit segitu kalo dipake internet hape, satu semester aja masih sisa banyak kali.. Setaun aja mungkin masih sisa..
Itu baru kerugian kecil dari LULUS SMA.. Belom lagi kalo harus pisah sama pacar.. Kadang kadang bahkan ada yang sampe Long Distance..
Plis deh.. Maksain LDR padahal belom tentu kuat.. Yang ada malah serong kanan serong kiri.. *berlagak punya pacar*
Itu beberapa kerugian kalo lulus SMA..
Kalo kerugian lulus SMP, kayaknya sih nggak terlalu banyak.. Paling parah nih ya, kalo nyokap bokap lo masih menganut paham prakartini, lo dikawinin ama juragan sapi.. Soalnya dianggep boros borosin pengeluaran beras.. *dalem*
Selain itu, kalo SMP kan masih ada masa masa SMA yang katanya 'masa masa terindah dalam hidup abg'.. KATANYA
Tetep aja nih ya, kalo LULUS SMA pasti euforianya berlebihan.. Seakan akan masa SMA bener bener menakutkan sampe bener bener pengen ditinggalin..
Gue juga kadang kadang ga suka liat yang pada coret coret baju.. Renungkan deh, RENUNGKAN!!
Baju itu lo pake tepat pertama kali lo menginjakkan kaki di SMA lo tercinta.. Dan sekarang di coret coret sampe nggak berbentuk kayak gitu.. Diliatin sama anak-anak jalanan yang nggak bisa sekolah karena nggak punya baju.. Mengenaskan..
Kalo lo pada yang masih bisa senyum saat ngeliat kejadian kayak gitu, gue rasa lo beneran GA PUNYA HATI MASBROO..
Gue juga agak prihatin liat sekolah sekolah yang ngadain acara Prom Night sebagai pesta kelulusan.. Kenapa pemerintah nggak ngelarang coba? Padahal jelas jelas, ini menyakiti hati para JOMBLO NGENES macam SPBU twitter.. *lirik Poconggg, Bena, Alit*
Dan yang agak mengenaskan (ini serius), kebanyakan wanita barat kehilangan keperawanan mereka di pesta Prom..
Tapi, yah gue harap para siswi SMP dan SMA di Indonesia nggak gitu yaa.. (harapan beneran)
Yah mungkin entri gue ini udah terlalu melenceng jauh dari tema awal.. Tapi, itulah kehidupan masbroo.. Kadang kadang, lo akan berjalan di jalur yang seharusnya nggak lo lewatin.. Tapi toh tetep lo lewatin, dan lo justru jadi tambah pelajaran hidup..
Dan karena gue juga baru lulus, gue jadi tau alasan orang orang yang pada seneng berlebihan sampai melampiaskan euforianya sama baju seragam yang nggak bersalah..
Gue ngerti, itu rasa lega kita karena harap harap cemas selama ujian, dan deg deg an nunggu hasil ujian..
Ibaratnya, lo ngebangun rumah dengan satu demi satu bata lo tumpuk, dan setelah perjuangan lo, akhirnya tumpukan bata lo itu jadi rumah yang luar biasa.. Itu rasanya..
Tapi setelah kita membangun rumah itu, kita harus tempatin rumah itu.. Tandanya, kita harus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.. Dan kita harus mengisi perabotannya satu demi satu, artinya kita harus numpuk ilmu kita.. Sampai akhirnya rumah itu jadi rumah mewah sampai kita bisa menikmati hasilnya.. Tapi hati hati, kadang kadang rumah itu diserang gempa, artinya kadang banyak cobaan..
Dan yang terpenting, di rumah itu nanti, kita akan tinggal bersama seseorang yang kita sayang..
.
.
.
Life goes on..
Itulah hidup..
Kalo kita mau mendapatkan satu hal, kita harus siap melepas yang lainnya..
Untuk menjadi orang yang sukses, kita harus sejenak rela melepas masa sekolah kita..
Demi masa depan yang lebih baik..
.
.
.
Detective's Greet

You Might Also Like

0 comments