Sepenggal Impian Gw..

October 11, 2010

Oke..
Jujur, gw jga ga begitu paham apa tujuan gw nulis entri ini.. Mungkin entri ini akan jd salah satu entri panjang yg gw tulis dari hape.. Apa yang mau gw ceritain disini adalah tentang kegiatan favorit gw, yaitu 'membaca' yang akhirnya bisa mengantar gw memiliki tak terhitung pengalaman menarik yang belum tentu bisa dialami sama anak anak lain seusia gw.. Mungkin, gw memang bukan the smartest or the most diligent student.. But, i think, i have something so especially..
Dari gw kecil, buku adalah sahabat gw yang paling setia.. Cuma beda dr bacaan gw sekarang, bacaan gw yg dulu hanyalah sebuah cerpen dan dongeng ringan khas anak perempuan seusia gw.. Dongeng yg pada umumnya menceritakan tentang pertemuan seorang putri dengan pangeran pujaannya.. Dan, buku non fiksi yang gw baca, cuma sebatas buku buku yg ada di lemari kerja bokap gw.. Dengan tambahan buku pelajaran setingkat diatas gw, untuk dipelajari.. Bukannya gw sombong, arogan, dsb.. Tapi, jujur aja, membaca buku buku kayak gitu terkadang membuat pengetahuan gw pun jd setingkat diatas yg seharusnya.. Alhasil, gelar juara kelas gw dapetin setiap tahun dengan perjuangan standar.. (sumpah loh, jadi juara kelas waktu sd ga sesusah sekarang waktu gw udh nyaris sma)
Gw kecil berkembang dalam lingkungan menyenangkan.. (serius, ga ada yang lebih menyenangkan di dunia ini selain balik ke masa kecil gw)
Meskipun gw sangat suka sama hal bernama 'membaca', bukan berarti gw jd ga punya kehidupan sosial yang normal.. Bukan berarti gw adalah kutubuku super dingin yang ga punya temen.. Justru salah besar.. Gw adalah orang yang sangat paling heboh sendiri.. Terutama, kalau ada event event tertentu di sekolah gw, gw akan memastikan sebagai orang pertama yg dipastikan berpartisipasi.. Jujur, sejak kecil, gw adalah orang yang mengukur kepuasan diri gw, dr sejauh mana gw bisa bermanfaat untuk orang lain..
Gw merasa baik baik saja, sampai suatu saat gw harus merasakan pahitnya kegagalan.. Gw yang biasanya cuma membaca berbagai slogan dan motivasi tentang kegagalan di setiap media yg gw temuin.. Hari itu benar benar harus merasakan sakitnya jatuh saat keberhasilan telah diujung mata.. Gw yg selangkah lagi mengantongi gelar juara umum, dan tiket beasiswa di tempat favorit, harus menjatuhkan impian gw jauh jauh.. Jujur, saat itu, matahari terasa ditaruh di atas punggung gw.. Rasanya berat dan panas.. Air mata gw nggak pernah habis selama 24 jam itu.. Kali pertama, gw merasakan hal yang paling menyakitkan dalam hidup gw.. Tapi, saat itu gw sadar, kalau apa yg gw alami belum bisa dibandingkan dengan setiap pengukir sejarah semisal Isaac Newton, Archimedes, Benjamin Franklin, Alexander Graham Bell, Thomas Alpha Edison, dan nama nama lain yang sanggup jadi titik kebangkitan gw saat itu..
Gw bagai terlahir kembali.. Sebagai seorang anak SMP yang siap melukiskan tinta prestasi barunya.. Dan tentu saja siap menyandang status baru sebagai seorang remaja..
Hari dimana gw resmi menjadi murid SMP, adalah hari dimana gw bener bener berubah..
Semua buku buku fiksi dan non fiksi yang agak kekanakan itu gw sumbangin ke lemari buku adik gw yg waktu itu baru kelas 2 SD.. (peduli apa? Gw bahkan udah mulai suka baca waktu masih TK)
Dan buku buku di lemari gw berubah menjadi buku fiksi dan non fiksi berat..
Gw jd penyuka novel roman yg lebih dikenal dg sebutan 'teentlit', gw jd pembaca novel terjemahan yg tadinya gw ga ngerti sama sekali, terus gw jd penggemar novel detektif terjemahan, dari yang Lima Sekawan karya Enid Blyton, sampai yang sekaliber Agatha Christie dan Sir Arthur Conan Doyle.. Bahkan gw jd suka komik serial detektif, apalagi kalau bukan DETEKTIF CONAN.. Buat gw, buku yang satu inilah yang paling mengubah hidup gw.. Banyak orang tanya, apa sih manfaatnya baca komik kayak gitu? Mungkin gw akan setuju setuju aja dengan statement semacam itu seandainya ada yg nanya gw tiga tahun yang lalu.. Tapi, nggak sekarang.. Buat gw, DC (Detektif Conan) udah mengajarkan banyak hal yang berguna dalam hidup gw.. Selain soal pelajaran sekolah (serius, ada pelajaran yg bener bener gw paham setelah baca DC), gw juga lebih memahami arti persahabatan, ketulusan, pengorbanan, dan yang terpenting bagi gw, DC mengajari gw untuk memiliki jiwa sekuat detektif.. Gw memang nggak bisa menjadi seperti detektif yg ada di dalam komik.. Menyelidiki pembunuhan dan mendesak pelakunya melalui kata kata.. Tapi, gw mampu.. Tetap menjadi diri gw sendiri dan tetap memiliki jiwa detektif.. Dengan cara memperjuangkan apa yg ada di hadapan gw.. Menggapai apa yg jadi cita cita gw.. Dan melukiskan kisah hidup gw agar tampak semudah membaca sebuah fiksi.. Hasilnya, gw memang belum bisa menerbitkan sebuah buku yang utuh, karna kebiasaan gw waktu menulis adalah sering nggak tuntas dan menggantung di tengah jalan.. Tapi, dengan menghasilkan cukup banyak cerpen yang dinikmati oleh teman teman seusia gw, menghasilkan puluhan puisi yang mengisi blog blog dan catatan gw, dan bertekad menyelesaikan sebuah cerita yang nantinya akan jadi sebuah novel.. Hal hal itulah yang pengen bgt gw perjuangkan setelah nasib akademik gw terjamin.. Jadi, gw cuma minta satu aja dr all readers.. Minta doa supaya harapan harapan gw bisa terwujud.. Dan gw ga hanya akan melantunkan mimpi itu dalam hati.. But will reach it.. Aku akan menggapainya, dengan tekad seorang detektif..

Detective's Greet :)

You Might Also Like

0 comments