S O N L I S (Something Outstanding, National-scoped, Legendary, Imaginative, and Sensational)

July 04, 2012

Something
Outstanding
National-scoped
Legendary
Imaginative, and
Sensational.

Yeah, SONIC LINGUISTIC is Something...

...Outstanding...

Bagaimana bisa orang berkata bahwa acara ini biasa saja dan tidak ada luar biasanya sama sekali?
Hanya ada satu kemungkinan, kalaupun sampai ada orang yang mengatakan seperti itu. Dia tidak pernah mengenal SONLIS sedikitpun.
Dari tahun ke tahun SONLIS selalu melakukan inovasi. Yang baru saja kemarin adalah SONLIS2012 di Februari lalu, yang mengangkat tema Outer Space. Bahkan jauh sebelum acara dimulai, perusahaan calon sponsor dicengangkan dengan dekorasi dan susunan proposal yang luar biasa. Selain desainnya yang menarik dan keunikan pop-up nya, susunan isi proposalnya to the point dan tidak berbelit-belit. Tidak hanya itu, poster iklannya juga menarik dengan 4 maskot yang bertengger mewakili 4 bidang dengan 18 mata lomba yang ada dalam acara ini.
4 maskot itu diantaranya Fluks (IPTEK), Uhuru (Jurnalistik), Herbig (Bahasa), Lynx (Senbud dan Olahraga).
Masuk ke empat hari acara tanggal 18, 19, 25, dan 26 Februari 2012. Ribuan peserta dalam 18 mata lomba berdatangan dari berbagai penjuru negeri. Jauh-jauh menyebrang pulau, melintasi batas provinsi, hanya untuk mengikuti kompetisi ini.
Kurang luar biasa apa?

...National-scoped...

Kesemua mata lomba dalam SONIC LINGUISTIC dapat diikuti oleh siapapun dan darimanapun asalkan memenuhi persyaratan. Termasuk dari luar kota dan luar pulau. Seluruh Indonesia boleh mengikuti kompetisi ini. Sehingga, layaklah jika kita katakan, SONLIS telah menasionalisasi.

...Legendary...

Dulunya, SONIC LINGUISTIC merupakan dua acara ekstern MAN Insan Cendekia Serpong yang terpisah, yakni SONIC dan LINGUISTIC. Sonic dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, sedangkan Linguistic dalam bidang budaya.
Namun, sejak tahun 2008 oleh angkatan 12 dan 13 MAN Insan Cendekia Serpong, kedua acara ekstern tersebut disatukan. Nah, jadi pada dasarnya keberadaan SONLIS hasil gabungan ini merupakan sesuatu yang terbilang baru. Inovasi lain oleh angkatan 16 bersama angkatan 17 adalah merge acara GRANAT kedalam SONLIS.
Saat ini, SONLIS telah menjadi sebuah ciri khas yang melegenda di OS-CENDEKIA.

...Imaginative...

"Bumi sebentar lagi akan hancur, kita harus menemukan planet lain untuk tetap hidup. Penelitian kita membawa hasil, terdeteksi bahwa planet kepler22b memiliki kondisi yang hampir sama seperi di bumi. Mungkin kita bisa menjalani kehidupan disana.
Kita disana memiliki teman empat orang alien. Menurut mereka, jika kita ingin bertahan hidup di planet itu, kita harus bisa mengumpulkan orang-orang yang memiliki keahlian yang sama dengan empat alien itu. Keahlian itu adalah, IPTEK, Jurnalistik, Bahasa, dan Senbud Olahraga.
Ayo kumpulkan orang orang!"
Kutipan diatas adalah jalan cerita SONLIS 2012 yang bertemakan Outer Space. Benar-benar penuh imajinasi bukan?

...Sensational.

Opening Ceremony SONLIS 2012 dibuka dengan parade luar biasa dari "SONLIS 2012 parade team", dilanjutkan dengan tari saman oleh "Saman Dance Team", freestyle oleh IC dancers (?), dan dibuat heboh dengan munculnya para maskot. Di tengah acara para maskot ikut berfreestyle juga.
Itulah kira-kira gambaran serunya acara SONLIS 2012.

Masih kurang bukti dengan penjelasan singkat di atas? Buktikan sendiri dengan berpartisipasi dalam SONIC LINGUISTIC 2013, nanti.

-----BEHIND THE SCENE-----
--SONIC LINGUISTIC 2012--

Disinilah gue sekarang. Menulis sedikit dari apa yang terbesit di otak gue tentang SONLIS sejak sejam yang lalu. Kenapa hanya sedikit yang gue tulis? Karena gue nggak mau membuka terlalu banyak tentang SONLIS disini, biar aja pembaca yang udah pernah ikut SONLIS membayangkan sendiri keadaan venue. Dan yang belom pernah ikut SONLIS, biarkan saja membuktikan sendiri bagaimana SONLIS. Tahun depan ya!
Gue adalah bagian dari keluarga SONLIS. Yah, walaupun baru SONLIS 2012 sih. Tapi, sejak saat itu gue merasakan orientasi gue di IC adalah SONLIS. Gue bertahan di IC, belajar supaya nggak kedepak dari sekolah ini cuma agar gue masih bisa jadi bagian SONLIS tahun depan. Aneh? Tapi, yah begitulah.
Di SONLIS 2012 gue punya profesi sebagai tukang ketik kedua. Jadi, kerjaan gue bersama tukang ketik pertama adalah berurusan dengan laptop, walaupun kadang juga disuruh-suruh sama ketuanya dengan alasan "tugas sekretaris emang gitu, na".
Sebagai tukang ketik, otomatis gue berada di Badan Pengurus Harian SONLIS, atau yang akrab disapa Eleven Aliens (plus 1 pawang alien).
Ada siapa aja? Jadi disana ada...
Kak Ree sebagai penanggungjawab
Kak Riski sebagai ketua panitia
Kak Ichwan rekan sesama tukang ketik
Kak Muthi, dan Labibun sebagai baskom duit
Kak Nad sebagai E.O. IPTEK
Kak Yasmin sebagai E.O. Bahasa
Kak Tasy sebagai E.O. Jurnalistik
Kak Galang sebagai E.O: Senbud Olahraga
Kak Nurul penarik peserta
Kak Kefin pencari makan *eh uang maksudnya
...dan gue sendiri, masih tukang ketik.
Disini kita kerja bareng lebih dari setengah tahun. Sampe kita bener-bener ngerasa kayak keluarga. Awalnya sih gue nggak terlalu nyaman ada disini. Gue selalu ngerasa aneh. Hampir selalu merasa kalo ini bukan tempat gue, ini tempat orang lain yang gue ambil. Gue cuma pengganti, dan bukan cuma itu, gue adalah alternatif terakhir, karena banyak orang yang udah ditawarin tapi nggak mau posisi ini. Itu sebabnya sejak awal ada disini gue seperti berusaha membuktikan kalo gue layak jadi tukang ketik SONLIS. Pilihan utama, bukan 'alternatif terakhir'.
Tapi sepertinya itu nggak perlu. Karena semakin lama ada disini gue semakin merasa kalau gue nggak butuh punya tempat. Karena apa? Mencintai SONLIS nggak pernah membuat gue membutuhkan tempat untuk sekadar singgah. Gue bergerak. Pagi-siang-sore-malem walau seharusnya tempat gue hanyalah seorang tukang ketik, tapi gue meluangkan waktu gue buat SONLIS kadang bukan sebagai tukang ketik.
Gue juga nggak pernah ngerasa nggak enak lagi ada di BPH. Karena gue yang berada disana. Gue, dan bukan orang lain. Kenapa juga gue harus merasa ngerebut tempat orang lain? Bukankah semua orang pernah diberikan kesempatan dan terserah orang itu mau diapakan si kesempatan?
Gue, Eleven Aliens (plus 1 pawang alien), dan 196 panitia SONLIS 2012 lainnya berjuang untuk SONLIS. Untuk mempertahankan dan mengembangkan 5 hal yang gue mention di atas.
Dan akhirnya, pada waktunya SONLLIS selesai kita bersyukur sudah bekerja dan berjuang dengan luar biasa. Walaupun tetap merasa belum maksimal dan ingin mengulang SONLIS untuk beberapa orang.
Tapi buat gue sendiri, gue nggak pernah merasa segalau pas SONLIS kelar. Antara seneng karena acara yang udah kita usahain akhirnya selesai, sedih karena artinya kebersamaan kita nggak akan lama lagi, dan pusing ngerjain LK ._.
Soal tempat itu...... percaya atau enggak, sampai SONLIS selesai dan LK jadi, gue masih belum ngerasa menjadi tukang ketik itu adalah jatah gue. Galau, istilahnya. Kadang gue masih ngerasa nggak enak. Sampai, pada H+100 Closing Ceremony SONLIS 2012, seseorang menjawab kegalauan gue.

"The destiny choose the owner, ini bukan kebetulan lu ditarik jadi BPH tapi ini udah ditakdirkan sama Allah. Write the future!!"

Begitulah kata-katanya. Sejak gue membaca kalimat itu, gue yakin sekretaris 2 SONLIS 2012 adalah posisi gue, bukan posisi orang lain. Dan gue bukanlah alternatif terakhir, tapi itu emang nggak bisa jadi takdir orang lain, karena itu adalah takdir gue.
Jadi, lewat surat ini di H+129 SONIC LINGUISTIC 2012 dan H-221 SONIC LINGUISTIC 2013, gue mau terima kasih sama orang yang udah nulis itu buat gue.
Makasih kak, makasih karena lo telah membuat gue menyadari takdir gue sendiri :D

Written by Anna Kumala

You Might Also Like

0 comments