Kuliah.. Universitas.. Jurusan..

August 18, 2012

Masa kontrak saya di Insan Cendekia Serpong masih tersisa kurang lebih dua tahun lagi, namun entah mengapa pagi ini saya tergoda untuk mulai memilah universitas mana yang nantinya siap menampung saya, dan ingin saya tumpangi selama beberapa tahun.
Jadi, dengan bantuan mbah google saya mencari berbagai informasi mengenai berbagai universitas di Indonesia, maupun dunia. Untuk yang di Indonesia, saya memang telah mencari banyak info tentangnya bahkan sebelum belajar di Insan Cendekia. Tapi, untuk yang diluar negeri saya baru memikirkan universitasnya, belum sampai pada tahap fakultas. Pilihan saya ini berdasarkan pertimbangan kualitas, living cost, dan jarak dari tanah air. Biar bagaimanapun kan saya masih belasan tahun, dan orangtua saya juga harus acceptable dengan universitas yang saya incar. 
Nah, saya akan urutkan universitas tersebut dimulai dari yang paling saya minati, terpisah antara dalam dan luar negeri.

Universitas Dalam Negeri


Institut Teknologi Bandung (ITB) - Fakultas Teknik Industri (FTI)
Kenapa pilihan pertama saya ITB? Karena pertimbangan fakultas yang saya lebih minati ketimbang yang lainnya. Dan lagi, faktor relasi juga ikut memperhitungkan kenapa saya meletakkan ITB di urutan pertama.



Universitas Indonesia (UI) - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
Saya murid IPA lhoo.. Lantas kenapa saya memilih FISIP? Yah, anggaplah ini panggilan jiwa. Saya memang tidak pandai IPS. Serius, saya adalah orang yang 'sangat IPA'. Tapi, saya tidak bisa memungkiri bahwa saya sangat tertarik dengan dunia politik.



Universitas Gadjah Mada (UGM) - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
Wah ternyata UGM berada di urutan ketiga. Alasannya sederhana sebenarnya. UGM itu... jauh.
Universitas Luar Negeri
The University of Tokyo - Hongo, Bunkyo-ku, Tokyo, Japan

Kyoto University - Yoshida-Honmachi, Sakyo-ku, Kyoto, Japan
National University of Singapore - 21 Lower Kent Ridge Road, Singapore 119077, Singapore
Tohoku University - Aoba-ku, Sendai, Miyagi, Japan
The Hong Kong University of Science and Technology -  Clear Water Baay-Kowloon, Hong Kong
The Hong Kong Polytechnical University -  Hunghom, Kowloon, Hong Kong

London School of Economics and Political Science (LSE) - Houghton Street, London, United Kingdom
Dan, itulah kira kira, universitas-universitas incaran saya. Doakan saya bisa menjadi mahasiswi dari salah satu universitas di atas ya. Amin :)

Written by Anna Kumala

You Might Also Like

0 comments