Bukan Nostalgia Biasa

December 28, 2012

Kenapa gue menamakan entri ini "Bukan Nostalgia Biasa"? Sebab keinginan nostalgia lah yang membuat gue akhirnya melangkahkan kaki menjauhi rumah yang tenteram dan damai ini (halah).
Dua hari yang lalu, waktu lagi iseng buka album foto di laptop yang memuat foto-foto waktu masih SMP MTs, tiba-tiba gue ngerasa kangen. Di depan mata gue kebayang waktu gue sama temen-temen gue yang lain jalan-jalan ke detos, nonton, makan stik munmun yang murah tapi enak, ke toko buku, fotobox, kadang kita nyebrang ke margo, karaokean, makan pizza, ke toko aksesoris walaupun nggak beli apa-apa (gue nggak begitu suka aksesoris -,-), makan yoghurt, yah pokoknya kami melakukan banyak hal sambil tetep merhatiin dompet supaya nggak bocor. Gara-gara kebayang, gue jadi senyum-senyum sendiri dan tiba-tiba pengen jalan ala MTs lagi.
Gue akhirnya kontak Nurul buat nemenin gue jalan. Tapi, katanya Nurul nggak bisa. Baru akhirnya gue kontak Lita. Awalnya Lita nolak. Dia berusaha ngasih alternatif lain. Dia ngajak jalannya ke rumah Nurul aja, terus bikin kue berlima, ngobrol sampe sore. Dapet sms gitu dari Lita, gue refleks menggeleng. Padahal kan Lita nggak bakal tau sekuat apapun gue menggeleng -,-. Gue memutuskan untuk menanggapi dengan (sok) bijak seperti biasanya. Gue kirim sms yang intinya, kalo Lita nggak mau nemenin gue, nggak apa-apa gue cari temen lain yang mau nemenin (walaupun gue juga bingung siapa, niat awal gue adalah ngajak semua anak JINGGA yang, kalo gue liat dari keadaannya, pada nggak mungkin nyanggupin ikut). Diluar dugaan gue, Lita akhirnya mau nemenin gue (yeay). Gue bilang bakal ke rumah dia jam 10. Kita berangkat ke Depoknya naik angkot, gue nggak bawa motor. Dan gue bakal ke rumah dia jalan kaki (jarak rumah gue dan dia sekitar 1,5 Km).

Besoknya, gue udah rapi pagi-pagi banget. Nggak tau kenapa, gue semangat banget mau jalan pagi itu. Tapi, berasa ada yang kurang. Gue ngecek dompet, dan gue sadar, isi dompet gue terlalu banyak buat anak SMP MTs (belagu, haha). Akhirnya, gue kalkulasi kira-kira berapa uang yang gue butuhin buat jalan. Gue mau nonton, dan makan stik munmun. Tiket nonton buat hari biasa 15 ribu, stik munmun 10 ribu udah sama minum, angkot pulang pergi 6 ribu, ke toko buku liat-liat aja entar belinya kalo sama papa (biar nggak rugi). Dengan kalkulasi yang (seakan) mantap itu, gue memutuskan hanya membawa selembar uang berwarna biru, dan meninggalkan kartu ATM di rumah.
Tepat jam 10, mulailah gue berjalan ke rumah Lita lewat pedalaman. Insan Cendekia membuat gue udah terbiasa jalan. Jadi, cuma segini sih termasuk cetek laaah. Cuma kayak bolak-balik asrama pos satpam lima kali (cuma? --").Setelah mendaki gunung dan melewati lembah (ninja dong), gue sampe di rumah Lita. Setelah masuk bentar dan minum seteguk dua teguk segelas, gue dan Lita melanjutkan petualangan perjalanan ke kota Depok.
Di tengah perjalanan, seperti biasa kami banyak ngobrol. Dan seperti layaknya remaja pada umumnya, yang kita obrolin nggak jauh-jauh dari virus-virus cinta (halah).
Kira-kira lima belas menit perjalanan, kami sampai :D Nggak pake basa-basi, kami naik jembatan penyebrangan dan masuk ke detos.


Kami langsung ngacir ke biosop yang terletak di lantai dua. Sebenernya, kami bingung mau nonton apa. Jujur aja, sebenernya gue bukan orang yang suka nonton dan pengen nonton film tertentu. Kalo jalan bareng temen-temen lebih sering ikut mereka mau nonton apa. Gue lebih suka baca daripada nonton. Gue makin bingung lantaran empat film yang dipajang sama mbak-mbak bioskop semuanya film Indonesia yang unik dan terlihat asik ditonton. Tapi diantara keempat film itu, kami milih untuk nonton 5cm. Gue milih nonton itu, soalnya gue penasaran liat filmnya setelah baca bukunya. Gue mau buktiin, filmnya sesuai ekspektasi gue atau enggak.
Ngeliat panel di belakang mbak-mbak bioskop, muka gue berubah pucet. Masa' harga tiketnya 35 ribu? Diperparah dengan pemberitahuan langsung dari Lita, "Na, tiketnya 35 ribu...". Endingnya, gue tetep ngantri aja. Bodo amat deh, walaupun gue beneran takut gue nggak bisa pulang.
Setelah beli tiket (dengan perjuangan ngantri yang lumayan), gue dan Lita masuk studio 2, dan mulai menikmati filmnya.

Sedikit tentang 5cm




Jujur, menghabiskan buku itu adalah hal baru buat gue. Dulu banget, gue pernah mulai baca buku 5cm, tapi lantaran openingnya yang agak 'gimanaaa gitu', gue jadi males lanjutin, dan buku itu hanya menggeletak di meja gue berbulan-bulan.
Suatu hari, temen-temen gue ngomongin soal trailer film 5cm. Terus mereka ngebahas tentang Semeru, Mahameru, Ranu Pane, Ranu Kumbolo, yah intinya yang berbau-bau naik gunung gitu. Detik itu gue baru tau kalo 5cm itu ada sesi mendaki gunung lewati lembah. Bapak sama Mama gue adalah pendaki. Memang, beliau berdua bersama teman-teman belum pernah mencapai mahameru, tapi pengalaman mendakinya cukup dahsyat. Karena gue adalah anak beliau, maka gue sering mendapat cerita tentang mendaki dan sebagainya. Jadi, meski gue tipe anak rumahan (bukan traveler), gue cukup tertarik dengan hal-hal berbau mendaki. Hasil intervensi orangtua, haha.
Jadi, akhirnya buku yang tergeletak berbulan-bulan itu gue ambil dari peradabannya dan gue besarkan dengan penuh kasih sayang baca dengan penuh penghayatan. Jauh dari bayangan awal gue tentang 5cm, buku ini mengejutkan gue. Gue bener-bener bisa ngerasain atmosfernya. Setiap menelusuri kata demi kata di buku itu langsung kebayang wajah-wajah innocent anak-anak JINGGA, haha. Terus ngebayangin, kalo suatu hari nanti kita berlima berkesempatan mencicipi moment yang sama seperti yang dialami Ian, Riani, Genta, Zafran, dan Arial.
Buku itu nggak terlalu tebel, tapi sarat akan makna banget. Gue bisa nemuin arti di setiap halamannya. Kalo ada yang nanya gue, karya inspiratif itu seperti apa? Maka gue hanya akan diam dan menyodorkan buku 5cm.
Mengenai filmnya, sarat akan makna juga. Menghibur, tapi tetap berbobot. Gue hanya agak kecewa karena ada beberapa bagian yang berbeda dari bukunya. Gue sih oke-oke aja, kata temen-temen gue, kebanyakan buku yang difilmkan, filmnya nggak bener-bener sesuai sama buku. Lagipula, gue ngerti kok, 5cm emang bakal panjang banget kalo filmnya ngikutin buku. Banyak banget bagian yang akan menjadi panjang, dan mungkin menyamai durasi film itu. Paling banyak ilang tuh di dalem kereta matarmaja, terutama bagian ibu yang jual nasi itu, juga bagian penumpang yang nggak mau beli karcis.
Tapi aku yakin kok, penulis skenario yang juga penulis buku itu punya alasan memotong bagian-bagian itu. Toh, meski dipotong film itu tetap seru.

Balik ke gue dan Lita,,,
Selesai nonton, langsung mencari bangku kosong dan memesan stik munmun. Rencananya sih gitu. Tapi, ternyata gue dan Lita nggak kebagian bangku. Jadilah kami cuma muter-muter doang di foodcourt, ada kali setengah jam. Lita ngajak pindah tempat makan, tapi gue nolak. Iyalah, lembaran kertas sakti di dompet gue tinggal berapa ini? --"
Finally, kami dapet bangku. Mesen stik munmun, ternyata harganya udah jadi 12 ribu lima ratus, kalkulasi (seakan) mantep gue kacau. Yah mau gimana lagi, berhubung udah di depan meja kasir dan juga gue udah laper, gue mesen aja, tapi nunggunya sejam lebih. Udeh sanggupin ajadeh daripada nggak makan, gue udah laper banget ini. Satu jam kami abisin buat ngobrol dari hati ke hati (halah). Yah, lagi-lagi topiknya mesti nggak jauh-jauh dari virus-virus cinta. Haha, dan cuma gue diantara kami berlima yang paling nggak jelas love storynya. Abisnya IC siih, mana sempet mikirin pacaran, komitmen, dst dst. Mending gue mikirin gimana biar biologi semester depan bisa lolos walaupun mepet (seperti biasa).
Setelah ngobrol ngalor-ngidul, makanan dateng, dan kami makan. Agak nggak seimbang sih perbandingannya. Nunggu makanannnya dateng sejam, tapi makannya lima belas menit -,-
Abis makan, mampir ke toko buku bentar, liat-liat komik detektif conan terbaru. Mendaftar sasaran. Tapi ternyata, stoknya di toko buku itu lagi kosong. Berhubung males nyebrang ke toko buku depan cuma buat mendaftar sasaran, gue dan Lita memutuskan balik. Mendaftar sasarannya entar aja ah via online. Perjalanan memakan waktu sekitar dua puluh menit. Aslinya kertas ajaib di dompet gue udah abis bis bis (suruh siapa ditinggal di rumah semua?), untung ada Lita. Hahaha *evil laugh
Sebelum pulang, gue mampir dulu ke rumah Lita, ngobrol (lagi) dan minjem novel. Lumayan buat ngisi liburan. Gue minjem empat novel, dan saat entri ini ditulis, dua diantaranya udah gue lahap (just info).
Yap, akhirnya perjalanan gue berakhir dengan pulang jalan kaki (lagi) lewat pedalaman (lagi), tapi kali ini ditemenin Lita dan sepedanya. Hari itu, nostalgia gue sukses. Semoga suatu hari gue nostalgia lagi lebih sukses dari ini. Amin.
Pelajaran penting : Lain kali kalo kalkulasi, pastiin harga ke orang yang biasa ke tempat tersebut dan berdomisili disana. Orang yang pulangnya cuma beberapa bulan sekali, mendingan nggak usah sok kalkulasi, entar malah jadi ngaco --"
Written by Anna Kumala

You Might Also Like

2 comments

  1. Anna ternyata sudah ketinggalan Jaman......................weks :p btw,pembaca nya anna ini gue Lita *apaansih*

    ReplyDelete